Tahu Telur Istimewa

005

Salah satu makanan yang saya kadang titip minta dibelikan suami adalah tahu tek. Di sekitar tempat tinggal saya di Lampung malah saya belum menemukan penjual makanan ini. Di Manado malah ada tahu tek yang saya suka sampai saat warungnya sempat tutup saya merasa agak kecewa he he. Saya belum pernah membuat tahu tek sendiri, tapi di buku resep 30 Menu untuk 1 Bulan oleh Ibu Sisca Soewitomo saya menemukan resep Tahu Telur Istimewa yang agak mirip tahu tek. Salah satu bahan yang digunakan adalah taoge, salah satu sayuran kesukaan suami saya. Baca lebih lanjut

Iklan

Tumis Ikan Nanas

002
Resep yang saya coba hari Minggu lalu. Kuah tumisannya segar manis dan sedikit pedas karena ada perpaduan rasa sambal Bangkok, kecap, madu, dan nanas. Resep aslinya menggunakan ayam yang digoreng dengan balutan tepung maizena. Tapi saya hanya punya ikan dory dan stok tepung maizena juga sudah menipis. Jadi untuk ikannya saya gunakan campuran tepung yang biasa saya gunakan. Tidak punya ayam atau ikan? Pakai saja tahu putih yang dipotong dan digoreng, enak juga kok, saya sudah coba he he. Baca lebih lanjut

Mie Goreng Pedas

006

Pernah nggak mengeluh dalam hati, bingung mau masak apalagi, padahal sebenarnya punya buku resep atau catatan resep yang baru sebagian kecil dicoba? He he… Saya banget tuh. Terakhir ke toko buku sebenarnya ngiler melihat macam-macam buku resep. Tapi akhirnya tahan diri dulu deh, cobain dulu resep-resep di buku yang ada di rumah. Buku yang akhir-akhir ini sering saya buka-buka adalah bukunya Ibu Sisca Soewitomo yang berjudul 30 Menu untuk 1 Bulan. Ada lebih 200 resep dan in syaa Allah ingin sedikit demi sedikit saya praktekkan resep- Baca lebih lanjut

Ikan Pop Corn

003
Kalau Pindang Ikan Dory jadi menu Mama dan Papa hari Minggu kemarin, makan menu Rayyaan adalah Ikan Pop Corn yang berbahan ikan dory. Rayyaan nggak suka pindang ya? Dulu suka, tapi sekarang sedang ogah makan yang berkuah dan bumbunya wah he he. Jadi ya dibuatkan yang kriuk-kriuk saja. Sebelumnya saya pernah membuat Ayam Pop Corn, tapi kali ini saya menggunakan resepnya Ibu Sisca Soewitomo.  Baca lebih lanjut

Pepes Tahu

004
Akhir-akhir ini saya lebih suka makan dan masak tahu dibanding tempe. Biar nggak bosan makan tahu goreng melulu, bikin olahan tahu yang lain ah, salah satunya Pepes Tahu. Resepnya saya dapat dari buku 30 Menu untuk 1 Bulan oleh Ibu Sisca Soewitomo. Membuatnya nggak susah kok, cuma campur-campur trus dikukus dan dipanaskan di atas wajan teflon saja. Resep ini sudah saya modifikasi sesuai selera.

Bahan: Baca lebih lanjut

Pindang Ikan Dory

002

Beberapa hari lalu tiba-tiba muncul keinginan untuk makan pindang ikan patin, salah satunya ya karena kangen kampung halaman di Lampung he he. Akhirnya saya minta ibu saya mengirimkan resep pindang patin lewat BBM. Tapi di Manado sini saya belum pernah menemukan ikan patin. Mungkin karena saya belum tahu nama daerahnya ya. Ikan ini termasuk dalam genus Pangasius, dan termasuk dalam ikan air tawar yang dibudidayakan. Karena tidak ada ikan patin seperti yang dijual di Lampung, akhirnya saya menggunakan ikan dory. Lho kok pakai ikan dory? Ya sebenarnya ikan dory yang banyak dijual di supermarket dalam keadaan beku itu juga sejenis ikan patin, sama-sama

Baca lebih lanjut

Tahu Gejrot

004

Minggu kemarin bangun tidur siang dalam keadaan lapar. Tiba-tiba ingin makan sesuatu yang pedas dan terpikir untuk membuat Tahu Gejrot. Sebenarnya sih saya belum pernah makan apalagi membuat menu yang satu ini. Tapi pernah melihat fotonya dan sepertinya endesss, enak pedes he he. Resepnya saya dapat dari situs dapurmasak.com, lebih tepatnya resep Tahu Gejrot oleh Siswaty Elfin Bachtiar. Ini dia resepnya: Baca lebih lanjut

Crispy Onion Rings

001Nonton acara TV favorit kurang seru kalau nggak ada cemilan. Ubek-ubek dapur ternyata masih punya bawang bombay dan akhirnya kepikiran untuk buat Crispy Onion Rings. Dari satu buah bawang bombay jadi banyak crispy onion rings, kalau untuk dimakan sendiri sih puas banget deh he he, jauh lebih murah dan puas makannya dibanding beli di restoran cepat saji. Selain untuk teman nonton TV, cocok juga untuk cemilan anak saat sedang main atau belajar, atau untuk suami kalau sedang lembur di depan laptop. Baca lebih lanjut

Bakso Tempe Puyuh Saus Kacang

Bakso enak dengan bahan murah meriah he he

Setelah sekian lama libur menulis di blog ini, akhirnya comeback dengan resep Bakso Tempe Puyuh Saus Kacang, yaaay! Resep ini sepertinya sedang booming di beberapa grup masak. Ya soalnya bahan bakunya murah meriah he he. Resep yang saya share kali ini so pasti sudah dimodifikasi sesuai selera ya. Ntah siapa yang pertama kali menemukan resep ini, tapi resepnya saya dapatkan dari postingan Mbak Venita Hermawan di grup Berbagi Resep Masakan. Kalau ini resep yang sudah saya modifikasi: Baca lebih lanjut

Kaastengels Cars


Selain nastar, kue yang rajin nongol saat Idul Fitri adalah Kaastengels. Kaastengels merupakan kue kering yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju. No wonder, kaas dalam bahasa Belanda artinya keju, stengels artinya batang. Biasanya kue ini dibuat dengan keju Edam, keju tradisional Belanda. Ada juga yang menggunakan campuran keju Edam dan keju cheddar. Ada yang mengganti Edam dengan keju Gouda. Ada juga yang sama sekali tidak menggunakan keju Edam namun Baca lebih lanjut