5 Alasan Utama Mengonsumsi Buah Lokal

SUNPRIDE 004 copy
Mengonsumsi buah banyak manfaatnya bagi kesehatan, salah satunya karena buah kaya akan vitamin dan mineral. Karena itu saya berusaha selalu menambahkan buah ke dalam menu setiap harinya. Di supermarket terdekat, saya bisa dengan mudah menjumpai berbagai jenis buah. Ada buah lokal namun banyak juga buah impor. Tetapi dibanding buah impor, saya lebih suka mengonsumsi buah lokal. Ada beberapa alasan yang membuat saya lebih cinta buah lokal:

1. Lampung adalah salah satu produsen buah lokal di Indonesia. Bersama Jawa Barat dan Jawa Timur, provinsi tempat kelahiran saya ini menjadi tiga provinsi teratas penyumbang produksi buah nasional. Buah unggulan

Baca lebih lanjut

Iklan

Resep Terfavorit 2014


Efek dari bergabung ke banyak grup masak adalah jadi lebih rajin belajar masak. Saat mencoba berbagai resep, terkadang gagal, tapi alhamdulillah lebih banyak berhasilnya he he. Efek lainnya adalah jadi ingin mengumpulkan foto hasil belajar masaknya berikut resepnya di sebuah blog. Alhamdulillah tahun ini kesampaian juga punya blog khusus resep-resep meskipun jumlah postingannya masih jauh sekali dibanding postingan para blogger senior yang Baca lebih lanjut

Tahu Telur Istimewa

005

Salah satu makanan yang saya kadang titip minta dibelikan suami adalah tahu tek. Di sekitar tempat tinggal saya di Lampung malah saya belum menemukan penjual makanan ini. Di Manado malah ada tahu tek yang saya suka sampai saat warungnya sempat tutup saya merasa agak kecewa he he. Saya belum pernah membuat tahu tek sendiri, tapi di buku resep 30 Menu untuk 1 Bulan oleh Ibu Sisca Soewitomo saya menemukan resep Tahu Telur Istimewa yang agak mirip tahu tek. Salah satu bahan yang digunakan adalah taoge, salah satu sayuran kesukaan suami saya. Baca lebih lanjut

Tumis Ikan Nanas

002
Resep yang saya coba hari Minggu lalu. Kuah tumisannya segar manis dan sedikit pedas karena ada perpaduan rasa sambal Bangkok, kecap, madu, dan nanas. Resep aslinya menggunakan ayam yang digoreng dengan balutan tepung maizena. Tapi saya hanya punya ikan dory dan stok tepung maizena juga sudah menipis. Jadi untuk ikannya saya gunakan campuran tepung yang biasa saya gunakan. Tidak punya ayam atau ikan? Pakai saja tahu putih yang dipotong dan digoreng, enak juga kok, saya sudah coba he he. Baca lebih lanjut

Mie Goreng Pedas

006

Pernah nggak mengeluh dalam hati, bingung mau masak apalagi, padahal sebenarnya punya buku resep atau catatan resep yang baru sebagian kecil dicoba? He he… Saya banget tuh. Terakhir ke toko buku sebenarnya ngiler melihat macam-macam buku resep. Tapi akhirnya tahan diri dulu deh, cobain dulu resep-resep di buku yang ada di rumah. Buku yang akhir-akhir ini sering saya buka-buka adalah bukunya Ibu Sisca Soewitomo yang berjudul 30 Menu untuk 1 Bulan. Ada lebih 200 resep dan in syaa Allah ingin sedikit demi sedikit saya praktekkan resep- Baca lebih lanjut

Ikan Pop Corn

003
Kalau Pindang Ikan Dory jadi menu Mama dan Papa hari Minggu kemarin, makan menu Rayyaan adalah Ikan Pop Corn yang berbahan ikan dory. Rayyaan nggak suka pindang ya? Dulu suka, tapi sekarang sedang ogah makan yang berkuah dan bumbunya wah he he. Jadi ya dibuatkan yang kriuk-kriuk saja. Sebelumnya saya pernah membuat Ayam Pop Corn, tapi kali ini saya menggunakan resepnya Ibu Sisca Soewitomo.  Baca lebih lanjut

Pepes Tahu

004
Akhir-akhir ini saya lebih suka makan dan masak tahu dibanding tempe. Biar nggak bosan makan tahu goreng melulu, bikin olahan tahu yang lain ah, salah satunya Pepes Tahu. Resepnya saya dapat dari buku 30 Menu untuk 1 Bulan oleh Ibu Sisca Soewitomo. Membuatnya nggak susah kok, cuma campur-campur trus dikukus dan dipanaskan di atas wajan teflon saja. Resep ini sudah saya modifikasi sesuai selera.

Bahan: Baca lebih lanjut

Pindang Ikan Dory

002

Beberapa hari lalu tiba-tiba muncul keinginan untuk makan pindang ikan patin, salah satunya ya karena kangen kampung halaman di Lampung he he. Akhirnya saya minta ibu saya mengirimkan resep pindang patin lewat BBM. Tapi di Manado sini saya belum pernah menemukan ikan patin. Mungkin karena saya belum tahu nama daerahnya ya. Ikan ini termasuk dalam genus Pangasius, dan termasuk dalam ikan air tawar yang dibudidayakan. Karena tidak ada ikan patin seperti yang dijual di Lampung, akhirnya saya menggunakan ikan dory. Lho kok pakai ikan dory? Ya sebenarnya ikan dory yang banyak dijual di supermarket dalam keadaan beku itu juga sejenis ikan patin, sama-sama

Baca lebih lanjut

Bika Ambon Keju Happy Call

004Sudah lama saya ingin membuat Bika Ambon, tapi keinginan itu tak kunjung dieksekusi hingga akhirnya melihat foto profil BBMnya Bunda Rika DA Lampung. Malam-malam lihat foto Bika Ambon jadi lapar he he. Karena dalam proses pembuatannya adonannya harus didiamkan selama dua jam, jadi keinginan makan Bika Ambon harus ditunda sampai keesokan harinya. Resep Bika Ambon yang saya gunakan adalah gabungan dari resep Ibu Fatmah NCC dan Ibu Sisca Soewitomo, sementara ide untuk menambahkan keju saya dapat karena dulu pernah dibawakan oleh-oleh Bika Ambon Baca lebih lanjut

Tahu Gejrot

004

Minggu kemarin bangun tidur siang dalam keadaan lapar. Tiba-tiba ingin makan sesuatu yang pedas dan terpikir untuk membuat Tahu Gejrot. Sebenarnya sih saya belum pernah makan apalagi membuat menu yang satu ini. Tapi pernah melihat fotonya dan sepertinya endesss, enak pedes he he. Resepnya saya dapat dari situs dapurmasak.com, lebih tepatnya resep Tahu Gejrot oleh Siswaty Elfin Bachtiar. Ini dia resepnya: Baca lebih lanjut