Tahu Telur Istimewa

005

Salah satu makanan yang saya kadang titip minta dibelikan suami adalah tahu tek. Di sekitar tempat tinggal saya di Lampung malah saya belum menemukan penjual makanan ini. Di Manado malah ada tahu tek yang saya suka sampai saat warungnya sempat tutup saya merasa agak kecewa he he. Saya belum pernah membuat tahu tek sendiri, tapi di buku resep 30 Menu untuk 1 Bulan oleh Ibu Sisca Soewitomo saya menemukan resep Tahu Telur Istimewa yang agak mirip tahu tek. Salah satu bahan yang digunakan adalah taoge, salah satu sayuran kesukaan suami saya. Akhirnya suamipun minta dibuatkan Tahu Telur Istimewa ini.

Bahan:

1. 5 buah tahu putih, potong dadu 1 cm.
2. 2 butir telur, kocok lepas.
3. 5 buah udah kupas, potong kecil-kecil (ini optional ya, di resep tidak ada).
4. 1/2 sdt garam.
5. Minyak untuk menggoreng.

Saus kacang:

1. 5 buah cabai rawit merah, goreng.
2. 3 siung bawang putih, goreng utuh.
3. 5 sdm kacang tanah, goreng (saya menggunakan 100 gram bumbu gado-gado yang sudah jadi).
4. 50 ml kecap manis.
5. 1 sdm air jeruk nipis.
6. 50 ml air hangat.

Taburan:

1. Taoge, cuci, seduh air panas, tiriskan.
2. Irisan daun bawang (resep asli menggunakan daun seledri).
3. Bawang goreng (resep asli tidak pakai).
4. Kerupuk udang (resep aslinya menggunakan emping).

Cara membuat:

1. Kocok lepas telur, tambahkan garam, aduk rata, masukkan tahu dan udang.
2. Panasan minyak goreng secukupnya dengan wajan teflon, tuang adonan telur, goreng hingga matang ering dan berwarna kecoklatan, angkat, tiriskan minyaknya (bisa ditekan dengan sutil/spatula karena tahunya ‘menyerap’ minyak), potong menjadi 4 bagian.
3. Untuk saus, haluskan cabai goreng, bawang putih goreng, dan kacang tanah. Campur dengan kecap manis, air jeruk nipis, dan air, aduk rata.
4. Siapkan piring, tuang saus kacang, letakkan 2 potong tahu telur, beri taoge, daun bawang, dan bawang goreng serta kerupuk, sajikan.

Tinggalkan Balasan

