Mie Goreng Pedas

006

Pernah nggak mengeluh dalam hati, bingung mau masak apalagi, padahal sebenarnya punya buku resep atau catatan resep yang baru sebagian kecil dicoba? He he… Saya banget tuh. Terakhir ke toko buku sebenarnya ngiler melihat macam-macam buku resep. Tapi akhirnya tahan diri dulu deh, cobain dulu resep-resep di buku yang ada di rumah. Buku yang akhir-akhir ini sering saya buka-buka adalah bukunya Ibu Sisca Soewitomo yang berjudul 30 Menu untuk 1 Bulan. Ada lebih 200 resep dan in syaa Allah ingin sedikit demi sedikit saya praktekkan resep-resepnya. Resep yang Senin kemarin saya coba adalah resep Mie Goreng Pedas. Memang tidak semua bahan yang saya gunakan persis dengan yang ada di resep. Di resepnya digunakan kapri dan mie basah, sementara saya menggunakan sawi dan mie instan he he. Bumbunya juga ada yang berbeda. Kalau di resep aslinya digunakan kecap ikan, karena saya tidak punya jadi saya menggunakan saus tiram. Yang unik at least bagi saya di resep mie ini adalah penggunakan asam Jawa dan gula merah. Yah bumbu masak memang seabrek-abrek ya. Kadang suka nggak yakin kalau perbedaan satu dua bumbu bisa bikin rasanya beda banget padahal belum dicoba he he.

Bahan saus 3 rasa:

1. 3 sdm saus tiram.
2. 5 sdm gula merah, disisir.
3. 3 mata asam Jawa.
4. 8 sdm air.

Mie goreng:

1. 2 sdm minyak goreng.
2. 5 siung bawang putih, cincang.
3. 100 gram udang kupas.
4. 1 sdm ebi, cincang.
5. 3 bungkus mie instan, rebus, tiriskan.
6. 100 ml air.
7. 1 batang wortel, potong korek api.
8. 1 sdt cabai bubuk.
9. 1 sdt garam.
10. 1 sdt merica bubuk.
11. 1 sdm kecap manis.
12. 6 buah cabai rawit.
13. 1 ikat sawi, potong.

Cara membuat:

1. Buat saus 3 rasa: campur asam Jawa dan air, remas-remas dan saring. Lalu tambahkan saus tiram dan gula merah, masak hingga mendidih dan gula larut, angkat.
2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum.
3. Masukkan udang, masak hingga udang berubah warna.
4. Masukkan mie, air, wortel, dan sawi, tutup wajan dan masak hingga wortel dan sawi matang.
5. Masukan saus 3 rasa, ebi, cabai bubuk, garam, dan merica bubuk, aduk rata, tambahkan cabai rawit, masak sebentar.
6. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.

Tinggalkan Balasan

