Pindang Ikan Dory

002

Beberapa hari lalu tiba-tiba muncul keinginan untuk makan pindang ikan patin, salah satunya ya karena kangen kampung halaman di Lampung he he. Akhirnya saya minta ibu saya mengirimkan resep pindang patin lewat BBM. Tapi di Manado sini saya belum pernah menemukan ikan patin. Mungkin karena saya belum tahu nama daerahnya ya. Ikan ini termasuk dalam genus Pangasius, dan termasuk dalam ikan air tawar yang dibudidayakan. Karena tidak ada ikan patin seperti yang dijual di Lampung, akhirnya saya menggunakan ikan dory. Lho kok pakai ikan dory? Ya sebenarnya ikan dory yang banyak dijual di supermarket dalam keadaan beku itu juga sejenis ikan patin, sama-sama

dari genus Pangasius, jadieda ya dengan ikan John Dory. Cerita tentang si ikan dory yang ternyata saudaranya ikan patin ini pernah saya tulis di postingan tentang Resep Ikan Dory Goreng Tepung. Di postingan ini saya mau share resep Pindang Ikan Dory yang hari Minggu kemari saya buat:

Bahan:

1. 500 gram fillet ikan dory, potong-potong.
2. 12 buah cabai rawit merah.
3. 1 sdt  jahe bubuk.
4. 1 sdt lengkuas bubuk.
5. 2 cm kunyit.
6. 2 lembar daun salam.
7. 2 lembar daun jeruk.
8. 1 buah tomat, potong dadu.
9. 1 batang serai.
10. 6 siung bawang merah.
11.3 siung bawang putih.
12. 1/4 bagian buah nanas, potong dadu.
13. 5 batang kemangi, petik daunnya.
14. 1 batang daun bawang, diiris.
15. 1 sdt garam.
16. 1 sdt merica.
17. 1 sdt gula pasir.
18. 2 gelas air.

Cara membuat:

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan kunyit.
2. Tumis bumbu halus sebentar, tambahkan jahe bubuk, lengkuas bubuk, daun salam, daun jeruk, serai, cabai, tomat, dan nanas.
3. Setelah bumbu harum dan tomat serta nanas jadi setengah matang, tambahkan air, ikan, garam, dan merica bubuk, tutup wajan, masak hingga ikannya matang.
4. Tambahkan daun kemangi dan irisan daun bawang, aduk dan masak selama 1 menit, angkat dan sajikan.

Pindang Ikan Dory ini aromanya wangi sekali karena bumbunya yang bermacam-macam. Penambahan tomat dan nanas membuat pindangnya jadi terasa lebih segar. Ada juga yang menggunakan irisan belimbing wuluh dan air asam Jawa. Kalau mau pindangnya terasa lebih pedas, cabai rawitnya bisa ditambah jumlahnya dan diiris-iris. Yuk cobain Pindang Ikan Dorynya.

001

Iklan

6 thoughts on “Pindang Ikan Dory

  1. Maknyuss, ikan dori itu emang lembut banget ya, baru tau kalo sekeluarga sama patin. Kalo mertuaku suka bikin pindang pake belimbing wuluh. Tapi di Jakarta, kendala tersendiri cari belimbing wuluh sekarang 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s