Kaastengels Cars


Selain nastar, kue yang rajin nongol saat Idul Fitri adalah Kaastengels. Kaastengels merupakan kue kering yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju. No wonder, kaas dalam bahasa Belanda artinya keju, stengels artinya batang. Biasanya kue ini dibuat dengan keju Edam, keju tradisional Belanda. Ada juga yang menggunakan campuran keju Edam dan keju cheddar. Ada yang mengganti Edam dengan keju Gouda. Ada juga yang sama sekali tidak menggunakan keju Edam namun menggunakan keju cheddar yang lebih mudah dijumpai (daaan mungkin karena alasan lebih ekonomis juga, he he saya banget ini).

Jadi Idul Fitri kali ini saya juga tak mau ketinggalan mau ngemil kaastengels dong ya. Tapi keju yang saya gunakan bukan keju Edam, melainkan keju olahan (semacam keju cheddar) dengan cita rasa keju Edam. Tentu saja kalau pakai keju Edam asli bakal jauh lebih enak but it’s oke, yang penting rasanya ngeju hi hi. Oh iya, karena request dari Eyangti, adonan resep ini ditambahkan gula halus, mau yang asin manis katanya. Okelah, jadi yang mau kuenya asin-asin keju saja, gulanya silakan diskip yaaa. Modifikasi lain yang dilakukan adalah dari bentuknya. Biasanya kan kaastengels ya bentuknya batang kecil-kecil, tapi kaastengels ini dicetak dengan bentuk mobil-mobilan, mainan kesukaan Rayyaan.

Kaastengels Cars:

Bahan:

1. 180 gram keju olahan rasa keju Edam (merk Cheesy).
2. 300 gram butter margarin Royal Palmia.
3. 400 gram tepung terigu protein rendah (sebelumnya sudah disangrai selama 10-15 menit).
4. 2 sdm susu bubuk.
5. 2 buah kuning telur.
6. 100 gram gula halus (yang mau kaastengelsnya asin, diskip saja).

Bahan olesan:

1. 1 sdm margarin dilelehkan.
2. 1 butir kuning telur.
(setelah margarin dingin, dicampur kuning telur dan dikocok lepas).

Bahan taburan:

Keju cheddar parut secukupnya. Supaya hasil parutannya oke, ternyata untuk taburan kejunya diparut dari bawah sambil ditekan, bukan dari atas parutan. Tapi saya telat baca tips ini di Tabloid SAJI hi hi.

Cara membuat:

1. Kocok butter margarin Royal Palmia, telur, dan gula dengan kecepatan rendah sebentar sampai tercampur rata (kurang lebih 2-3 menit).
2. Masukkkan susu bubuk, aduk rata.
3. Sama seperti membuat nastar kemarin, terigunya tidak sekaligus dimasukkan agar adonan tidak keras kalau terlalu lama didiamkan. Jadi siapkan wadah lebih kecil, ambil sebagian adonan butter margarin, lalu tambahkan terigu secukupnya dan diaduk rata sampai bisa dibentuk (tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek).
4. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 10 menit.
5. Sambil menunggu oven panas, giling adonan dengan bantuan plastik lembaran atau kertas nasi sampai adonan tebalnya kira-kira 0,5 cm.
6. Cetak dengan cetakan berbentuk mobil-mobilan.
7. Letakkan adonan yang sudah dicetak di atas loyang yang sudah dioles margarin dan ditaburi terigu.
8. Beri olesan dan taburan keju cheddar parut.
9. Panggang kaastengels selama 30 menit atau hingga matang (untuk suhu dan lamanya waktu pemanggangan bisa disesuaikan menurut oven masing-masing ya, terkadang beda oven beda waktu dan suhu panggang yang diperlukan).

Dari resep ini dihasilkan 3 buah toples Kaastengels Cars. Kuenya wangi dan ngeju dan bentuknya lucu. Ternyata walau sudah ditaburi keju, Rayyaan masih bisa mengenali kalau itu adalah bentuk mobil-mobilan. Sebelum dimakan sempat bilang “ngeeeeeeeeng” sebelum haaaaaap, kuenya masuk mulut.
8.

Sumber:
Mahalo – How to Make Kaastengels.
NCC Indonesia – Kaastengels Bunga.
Wikipedia – Kaasstengels.

Iklan

3 thoughts on “Kaastengels Cars

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s