Sate Crab Stick (Surimi)

Sate Crab Stick (Surimi)

Beberapa lama nggak main ke supermarket terdekat, eh baru tahu kalau di food courtnya ada jajanan baru. Yang di jual di kios baru itu adalah olahan seafood dan daging yang direbus atau digoreng lalu diberi saus kacang. Contoh makanan yang dijual adalah crab stick, bakso ikan, bakso udang, siomay, sosis, dan nugget. Ya intinya si frozen food yang ditusuk-tusuk ala sate gitu deh. Karena sudah lama nggak makan jajanan model begini, jadi dua hari lalu saya coba beli deh. Ternyata harganya lebih mahal dibanding jajanan serupa (cuma beda merk) yang pernah saya beli (dan lokasinya di supermarket lain). Rata-rata harganya Rp 4.000 dan Rp 6.000 per tusuk. Ada juga sih yang Rp 2.000 per tusuk, yaitu nugget dan sosis. Kalau yang Rp 3.000 itu olahan seafood tapi isinya lebih sedikit, ada yang cuma 1 buah per tusuk he he. Ya kalau cuma icip-icip sekedar tahu saja nggak apalah ya, sekali-sekali. Tapi memang jadi kurang puas sih makannya he he. Kalau harga per tusuknya mahal ya sebenarnya wajar sih, karena frozen food olahan seafood itu juga agak mahal. Belum lagi beli bumbu dan peralatannya, sewa tempatnya, gaji karyawannya he he.

Surimi (credit pic: Detik Food)

Nah karena saya masih pengeeen makan frozen food yang ditusuk-tusuk itu, akhirnya saat belanja ke di supermarketnya saya iseng intip-intip ke bagian frozen food, ada crab stick nggak ya? Lho kenapa pilih crab stick? Soalnya itu yang paling saya suka rasanya. Manis manis enak he he. Apakah crab stick ini benar-benar terbuat dari daging kepiting? Well, ternyata nggak. Kepiting kan mahal ya he he. Sementara 13 buah crab stick ini harganya ‘cuma’ Rp 17.000 dan harga per kilonya kalau tidak salah sekitar Rp 70.000 – Rp 80.000. Sepertinya saya pernah menonton liputan tentang pembuatan crab stick deh, makanan ini justru terbuat dari ikan. Hmm biar lebih yakin yuk coba googling. Ternyata memang benar, crab stick ini pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1970-an dengan nama surimi. Indonesia sendiri sudah memproduksi surimi dan banyak dikonsumsi warga Malaysia dan Singapura, bahkan sedang melebarkan sayap ke Jepang dan Hongkong. Di Indonesia surimi masih dibuat dari ikan tangkapan namun sedang dikembangkan pula surimi dari ikan peliharaan.

Hari ini si crab stick alias si surimi ini saya jadikan menu makan siang (only for me, karena yang lain nggak suka, sementara Rayyaan nyaris tidak pernah makan frozen food macam ini). Biar berasa makan di food court, crab sticknya juga saya tusuk-tusuk dan saya sajikan dengan saus kacang.

Bahan:

1. 13 buah crab stick, potong jadi dua.
2. 1/2 bagian bumbu sate (saya pakai bumbu sate merk Ratu, karena ini bumbu sate favorit saya).
3. 1/2 bagian tomat merah.
4. 5 buah cabai rawit hijau.
5. Air panas secukupnya.
6. 5 siung bawang merah ukuran kecil.
7. Bawang goreng.
8. Kecap manis.

Cara membuat:

1. Rebus crab stick selama kurang lebih 7 menit.
2. Angkat dan tiriskan.
3. Larutkan bumbu sate dengan air panas.
4. Beri irisan tomat, cabai rawit, dan bawang merah, aduk rata.
5. Tusuk crab stick dengan tusuk sate, susun di atas piring.
6. Tuang bumbu sate di atas crab stick.
7. Beri kecap manis dan taburan bawang goreng.

Bagaimana rasanya? Lebih enak (dan lebih kenyang) dibanding makan di food court he he. Kalau tidak ada bumbu sate, pakai sambal kecap juga enak kok. Tanpa saus apapun si sebenarnya si crab stik ini rasanya sudah oke (buat saya), tapi lebih enak lagi kalau berpadu dengan saus kacang dan isinya, terutama bawang merah dan cabai rawit.

Meskipun rasanya enak, bukan berarti saya mau makan ini setiap hari lho. Biar bagaimanapun yang lebih fresh tentu lebih sehat karena dalam pembuatan crab stick ini pasti ada bahan tambahan makanan untuk membuat rasanya mendekati kepiting aslinya. Tapi sebagai jajanan sesekali nggak apalah hi hi #maksa.

Sumber:

Wikipedia – Surimi.
Detik Food – Ternyata Crab Tidak Dibuat dengan Campuran Daging Kepiting Sama Sekali.

Iklan

4 thoughts on “Sate Crab Stick (Surimi)

  1. Ping-balik: Clumsylicious Kitchen

  2. Ping-balik: Pempek Surimi Keju | Clumsylicious Kitchen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s