Rendang Jamur Merang

Rendang Jamur Merang

Pengen makan rendang tapi sedang mengurangi konsumsi daging merah? Atau malas masak dagingnya? Atau karena harga daging pelan-pelan merangkak naik menjelang Ramadhan? He he… Beberapa hari lalu tiba-tiba saya punya ide untuk membuat Rendang Jamur dengan menggunakan jamur merang. Awalnya si karena lagi ingin saja masak jamur merang, walau waktu belanja di kios tukang sayur, saya belum tahu ini jamur mau diolah jadi apa he he. Sebelumnya jamur merang ini saya gunakan untuk campuran tumisan dan mie ayam. Akhirnya saya juga membeli sebungkus bumbu rendang giling di kios tersebut. Alhamdulillah bumbunya enak. Mau buat bumbu sendiri ya monggo – apalagi kalau ingin memasak rendang daging, lebih maknyus kalau bumbunya kita racik sendiri. Tapi kali ini demi alasan kepraktisan, mari gunakan bumbu giling yang dijual abang sayur. Jadi resepnya sih cukup simpel:

Bahan:

1. 2 bungkus jamur merang (unfortunately saya tidak terpikir buat timbang-menimbang jamurnya berapa gram he he).
2. 1 bungkus kecil bumbu rendang giling (bukan yang instan buatan pabrik ya).
3. Garam secukupnya.
4. Santan secukupnya (maaf resep yang ini serba kira-kira he he).
5. Bawang goreng untuk taburan.

Cara membuat:

1. Cuci bersih jamur, iris-iris.
2. Rebus jamur selama 5 menit, tiriskan.
3. Campur jamur, santan, bumbu rendang, dan garam, masak (sambil sesekali diaduk) hingga bumbu menyusut dan jamur plus bumbunya matang.
4. Angkat, sajikan dalam piring atau mangkuk dan beri taburan bawang goreng.

Jamur Merang (credit pic: Wikipedia)

Mudah kan membuatnya (soalnya nggak pakai giling-giling bumbu he he). Kalau dirasa bumbunya kurang sih kita bisa menambahkan cabai, bawang putih dan bawang merah yang diulek terlebih dulu. So rasa Rendang Jamurnya bagaimana? Enak kok he he. By the way, saya pernah membaca selintas kalau jamur itu tidak ada kandungan gizinya. Hmm, masak sih ya. Akhirnya saya browsing-browsing dan menemukan kalau dalam 100 gram jamur merang segar terdapat kandungan 3,2 gram protein, sementara dalam jamur kering kandungan proteinnya adalah sebesar 16 gram. Kandungan fosfor dan kalsiumnya juga cukup tinggi. Terdapat 20 jenis asam amino pada jamur ini dan manfaat jamur ini juga beragam. Manfaat jamur ini antara lain adalah menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, meningkatkan daya tahan, mengandung zat penawar racun, mengandung antibiotik, dan serat pangan serta enzimnya juga baik untuk pencernaan. Teman-teman punya ide lain untuk mengolah jamur merang?

Sumber:

Wikipedia – Jamur Merang.
Anne Ahira – Manfaat Jamur  Merang.

Iklan

2 thoughts on “Rendang Jamur Merang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s