Pempek Dos Spesial

Pempek Dos Spesial

Sudah lama nggak buat pempek dos nih. Biasanya yang saya buat adalah Pempek Dos resep ala Ny. Liem. Pagi ini saya mau mencoba resep pempek dos yang saya temukan di grup NCC, yaitu resepnya Mbak Patricia Fredericka. Yang beda dari resep ini adalah jumlah terigu untuk adonan biangnya lebih banyak, dan di adonan biangnya juga ditambahkan ebi. Resep ini sudah saya modifikasi, yuk disimak:

Bahan biang:

1. 250 ml air.
2. 4 sdm bawang putih bubuk.
3. 3 sdt kaldu bubuk.
4. 1 sdt garam halus.
5. 5 sdt ebi, rendam sebentar dengan air panas, haluskan.
6. 125 gram tepung terigu.

Bahan lain:

1. 300 gram sagu tani (jangan siapkan dalam jumlah pas-pasan ya, sagu tambahan mungkin dibutuhkan kalau adonan dirasa terlalu lengket, atau perlu sagu untuk melumuri tangan.
2. 2 butir telur.

Bahan isi:

1. 2 butir telur, kocok lepas.

Bahan cuka (my own recipe):

1. 500 ml air.
2. 5 sdt ebi.
3. 5 buah cabai rawit.
4. 10 buah cabai merah.
5. 1 buah gula merah.
6. 1 sdt garam.
7. 5 sdm bawang putih bubuk.
8. 5 sdm cuka masak (biasanya saya pakai asam Jawa, tapi sedang kehabisan).

Cara membuat (basically mirip cara membuat pempek dos yang biasa saya buat):

Whisker (credit pic: dreamstime)

1. Didihkan air dan bumbu untuk biang.
2. Setelah air mendidih, kecilkan api, masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat agar tidak gosong.
3. Biarkan uap menghilang, tambahkan satu butir telur ke dalam adonan, aduk dengan whisker.
4. Setelah adonan tercampur rata dengan telur, tambahkan 1 butir telur lagi dan aduk dengan menggunakan whisker.
5. Tambahkan sagu, aduk rata tapi tidak perlu diuleni berlebihan agar pempek tidak keras.
6. Jika adonan masih terasa lengket, tambahkan sagu lagi.
7. Ambil adonan, banyaknya tergantung ukuran pempek yang diinginkan.
8. Bentuk adonan menjadi bola, lubangi tengahnya, bentuk hingga menyerupai cangkir atau mangkuk kecil.
9. Isi dengan 4 sdm telur, beri jarak yang cukup antara isian dan tepi ‘cangkir’ agar tidak bocor.
10. Tutup pelan-pelan, saya menutup dari 3 titik: ujung kanan, tengah, dan ujung kiri, baru dirapatkan.
11. Saat sebagian adonan sudah dibentuk, panaskan air dengan panci.
12. Sambil menunggu air mendidih, bentuk lagi sisa adonannya.
13. Rebus adonan dalam air menididih selama kurang lebih 15 menit agar telur di dalam pempeknya matang.
14. Angkat dan tiriskan.
15. Panaskan minyak, goreng pempek hingga garing dan berwarna kecoklatan.
16. Angkat dan potong-potong.
17. Sajikan dengan cuka, mie telur, potongan tahu goreng dan timun.

Cara membuat cuka:

1. Haluskan ebi dan cabai.
2. Campur semua bahan dengan air kecuali cuka.
3. Didihkan.
4. Angkat dan saring.
5. Setelah agak dingin, tambahkan 5 sdm cuka masak.

Pempek dos dengan tambahan ebi pada adonannya memang aromanya lebih sedap, pempeknya juga lebih empuk (menurut saya karena terigunya lebih banyak). Sedangkan pempek dos yang biasa saya buat saat digoreng bisa lebih garing dari pempek dos yang ini. No matter what, buat saya resep ini dua-duanya oke he he. Sebagai tambahan, ini resep pempek dos Ny. Liem yang biasa saya buat:

Pempek Dos Isi Telur (Resep Ny. Liem)

Bahan pempek:
1. 2 butir telur.
2. 8 sdm terigu (rata).
3. 1 sdt garam.
4. 4 sdt kaldu bubuk.
5. 250 ml air.
6. 25 sdm sagu tani (muncung).

Isi:
1. 2 butir telur.

Cara membuatnya sama dengan resep di atas ya, hanya untuk resep ini sebelum adonanya saya bentuk, biasanya saya diamkan dulu selama 10 menit agar lebih mudah dibentuk. Telur untuk isinya juga tidak dikocok, jadi saat pengisian, beri kurang lebih 2 sdm kuning telur dan 2 sdm putih telur. Nah teman-teman mau coba resep yang mana?

Tinggalkan Balasan

