Reblog: Mangkuk Buah

Mangkuk Buah

Pagi ini mencoba mengeksekusi resep yang saya dapat dari Dapur Bocil (Bobo Kecil) terbitan jaman dahulu kala. Resep aslinya berjudul Keranjang Buah, namun karena hasil percobaan saya tidak mirip keranjang, saya namakan saja Mangkuk Buah he he.

Versi asli Keranjang Buah:

Bahan-bahan adonan keranjang:
1. 100 gr tepung terigu + 1 sdm susu bubuk.
2. 1 butir telur, kocok sebentar.
3. 125 ml air.
4. 1/2 sdt garam.

Bahan isian:
1. 250 ml susu cair.
2. 50 gr gula pasir.
3. 2 sdm tepung maizena, dilarutkan dengan sedikit air.
4. 1/2 sdt vanili.
5. 1 sdt mentega.
6. 450 gr buah kalengan, tiriskan airnya.

Resep Mangkuk Buah ala Mama Rayyaan:

Bahan-bahan adonan mangkuk:
1. 100 gr tepung terigu.
2. 1 sachet susu kental manis.
3. 175 ml air.
4. 1/2 sdt garam.
5. 1 butir telur, kocok lepas.

Bahan isian:
1. 250 ml air.
2. 1 sachet susu kental manis.
3. 2 sdm tepung maizena, dilarutkan dengan sedikit air.
4. 1 sdm margarin.
5. 6 buah stroberi dan 1 buah jeruk.
7. 3 sdm gula pasir.

Cara membuat:
1. Untuk mangkuk buahnya, campur terigu, susu kental manis, air, telur, dan garam. Aduk hingga tercampur rata.
2. Panaskan wajan dadar kecil, olesi sedikit mentega.
3. Buat dadar tipis dari adonan.
4. Letakkan dalam cetakan yang sudah diolesi mentega.
5. Panggang dalam oven bersuhu 200 derajat Celcius selama kurang lebih 15 menit.
6. Angkat, sisihkan.
7. Untuk isiannya, campur air, susu kental manis, dan gula pasir, didihkan di atas api kecil.
8. Masukkan larutan maizena sambil terus diaduk sampai menjadi adonan bubur.
9. Setelah mendidih, tambahkan 1 sdm margarin, aduk rata lagi.
10. Ambil kurang lebih 4 sdt adonan isi, masukkan ke dalam mangkuk dan beri potongan stroberi dan jeruk.
11. Siap dihidangkan (untuk 12 porsi).

Catatan:
Menurut resep asli, air yang digunakan untuk membuat adonan keranjang hanya 125 ml. Pertama kali saya coba buat dadar menurut resep ini, namun hasilnya tebal sekali dan susah diratakan, akhirnya saya tambahkan lagi deh airnya. Itupun menurut saya masih agak tebal karena di resep tersebut foto dadarnya terlihat tipis sekali sehingga dadarnya mudah dibentuk (dilipat-lipat) pinggirannya.

Di resep asli, digunakan wajan datar berdiameter 18 cm untuk membuat dadar. Berhubung wajan teflon ibu saya sudah bulukan (beliau lebih suka menggunakan wajan biasa) akhirnya saya menggunakan wajan teflon berdiameter kecil (kalau tidak salah 12 cm). Karena dadarnya kecil-kecil, akhirnya lipatan mangkuknyapun seadanya he he.

Oh iya, aslinya mangkuk untuk mencetak yang digunakan adalah mangkuk logam yang kecil-kecil itu, kita juga bisa menggunakan mangkuk logam untuk bolu kukus. Berhubung saya tidak punya, jadi saya gunakan saja paper cup hi hi.

Lanjut ke bagian memanggang mangkuknya. Saya menggunakan oven bersuhu 200 derajat Celcius selama 15 menit, dengan api atas dan bawah. Honestly mangkuknya tidak bisa kelihatan garing dan kriuk seperti di gambar, karena dadarnya masih terlalu tebal (yang membuat saya pede bin yakin kalau takaran 125 ml air untuk adonan itu kurang he he). Agak pasrah kalau ternyata mangkuknya tidak bisa berdiri tanpa si paper cup, jadi awalnya ingin saya biarkan saja mangkuk buah itu tetap di dalam paper cup. Tapi ternyata bisa berdiri sendiri dengan cukup kokoh, yay!

Soal rasa bagaimana? Sebenarnya mirip pie buah, dan ini salah satu alasan saya mau mencoba membuatnya. Saya suka pie buah karena perpaduan buah yang agak-agak asam dengan isi pie yang manis itu yummy sekali. Nah, ada yang mau coba membuat Mangkuk Buah juga? Semoga bisa membuat yang penampilannya lebih cantik ya he he.

Resep asli:
Dapur Bocil, Masakan Praktis Untuk Keluarga. Penerbit PT Primamedia Pustaka. Tahun 1998.

Tinggalkan Balasan

