Mie Kimchi Bulgogi

Mie Kimchi Bulgogi

Ada yang pernah nyobain jajangmyeon alias mie kecap ala Korea? Beberapa waktu lalu saya pengen banget makan mie ini, tapi malas mau pergi ke resto fast food Korea terdekat. Sudah coba googling resepnya, tapi saya tidak menemukan resep saus untuk mie tersebut. Dan lagi, kalau mau beli online saya tidak tahu pasti soal kehalalan sausnya. Jadi akhirnya saya membuat mie dengan ‘topping’ bulgogi dan kimchi rumahan. Untuk penambahan kimchi ini sebenarnya spontan saya. Sebelumnya saya pernah coba-coba membuat kimchi tapi setelah jadi saya belum punya ide ingin dimakan dengan apa he he. Saat muncul keinginan untuk membuat mie bulgogi, akhirnya saya tambahkan saja si kimchi ini.

Untuk resep bulgoginya sudah pernah saya tulis di postingan ini. Untuk resep kimchinya saya dapatkan dari postingan berjudul Membuat Kimchi, Asinan Sayuran ala Korea. Namun saya akan merangkum langkah-langkah pembuatan kimchinya di sini. Saya sendiri tidak membuat kimchi dalam jumlah banyak, hanya menggunakan sawi putih sisa masak, jadi ukurannyapun kecil he he.

Kimchi

Bahan:

1. 1 buah sawi putih ukuran kecil.
2. Garam halus secukupnya untuk melumuri lembaran sawinya.
3. 2 sdm tepung beras.
4. 250 ml air.
5. 4 sdm cabai bubuk.
6. 2 sdm gula pasir.
7. 1/4 bagian bawang bombay, cincang.
8. 1 sdm bawang putih bubuk.
9. 2 sdm jahe, parut.

Cara membuat:

1. Belah bagian pangkal batang sawi, kemudian tarik dengan tangan hingga sawi terbelah.
2. Siram sawi dengan air hingga basah seluruh bagiannya (termasuk sela daunnya).
3. Balur sawi dengan garam halus, termasuk ke sela-sela daunnya.
4. Simpan sawi dalam baskom plastik, diamkan selama 2 jam.
5. Setelah 2 jam, sawi akan menyusut bobotnya dan di dasar baskom akan terlihat genangan air.
6. Balik posisi sawi dan diamkan 2 jam lagi.
7. Setelah 2 jam, sawi akan terlihat menyusut lagi dan terlihat layu.
8. Cuci bersih sawi dengan air mengalir sampai garamnya hilang.
9. Buat pasta kimchi dengan cara mendidihkan air dan tepung beras hingga adonan mengental.
10. Saat muncul letupan pada adonannya, matikan kompor, tambahkan gula pasir, aduk hingga larut. Dinginkan adonan.
11. Tambahkan cabai bubuk, bawang bombay, bawang putih bubuk, dan jahe, aduk rata.
12. Bungkus tangan dengan sarung tangan plastik, lumuri sawi dengan pasta kimchi hingga merata, termasuk ke sela-sela daunnya.
13. Simpan kimchi dalam wadah plastik yang rapat, supaya lebih rapat wadah plastik bisa dibungkus dengan cling wrap lalu dibungkus koran.
14. Simpan wadah tersebut dalam suhu ruang selama 2 hari untuk proses fermentasi.
15. Dua hari kemudian, kimchi siap digunakan.

Wah lama sekali ya waktu yang di butuhkan untuk membuat kimchi. Tapi kalau tidak mau menunggu dua hari, kimchi bisa langsung dimakan kok. Jika mau membuat kimchi dalam jumlah lebih banyak, kita bisa mengambil sebagian untuk langsung dimakan, dan sisanya disimpan. Setelah difermentasi selama 2 hari, simpan kimchi dalam kulkas. Untuk cabai bubuknya sebenarnya akan lebih cantik warnanya jika menggunakan cabai bubuk Korea, tapi saya tidak punya he he. Saya hanya menggunakan cabai bubuk yang dijual di supermarket terdekat. Rasa kimchinya bagaimana? Pedas, asin, sedikit manis tapi segar. Walau sawi terlihat layu tapi ternyata masih crunchy saat dikunyah.

Nah kalau bulgoginya kan sudah pernah saya share ya resepnya. Sekarang tinggal meracik mienya. Untuk mienya saya menggunakan spaghetti. Lho kok pake spaghetti? Iya, saya pernah membaca di postingan Resep Jajangmyeon, kalau ingin membuat jajangmyeon tapi tidak menemukan mie untuk jajangmyeonnya (mie instan jajangmyeon belum tentu halal sih), pakai saja spaghetti. Untuk kuahnya sih saya hanya menggunakan bumbu sederhana seperti lada bubuk, garam, gula, dan kaldu bubuk (untuk takarannya, disesuaikan saja dengan lidah masing-masing ya). Lalu spaghettinya direbus dalam kuah tersebut dan ditata dalam mangkuk dan beri sedikit kuah. Lalu tata bulgogi di atasnya dan beri kimchi yang sudah dipotong-potong.

Lalu rasanya bagaimana? Unik! Mie campur semur daging yang manis lalu dipadu kimchi yang pedas, asin, dan segar. Terhibur hati ini walau tidak bisa makan jajangmyeon yang asli. Buat saya ini lebih enak dan lebih banyak dibanding jajangmyeon yang pernah saya makan hi hi hi hi.

One thought on “Mie Kimchi Bulgogi

  1. Ping-balik: Mie Bumbu Pedas | Clumsylicious Kitchen

Tinggalkan Balasan

