Reblog: Rolade Daging Mata Ikan

Rolade Daging Mata Ikan

Siang kemarin saya dioleh-olehi beberapa booklet resep masakan, salah satunya berisi aneka resep untuk anak. Setelah membaca-baca resepnya, langsung pengen nyobain deh he he, meskipun dengan bahan yang tidak sama persis. Resep yang saya praktekkan adalah resep Rolade Mata Ikan. Karena saya hanya punya stok daging giling, akhirnya saya mengganti bahan bakunya dengan daging tersebut, jadi masakan ini saya namakan Rolade Daging Mata Ikan he he.Bahan-bahan:

1. 125 gram daging giling.
2. 3 siung bawang putih (haluskan).
3. 3 siung bawang merah (haluskan).
4. 1/2 sdt garam halus.
5. 1/2 sdt lada bubuk.
6. 1 sdt saus tiram.
7. 3 sdm tepung sagu.
8. 1 putih telur.
9. 8 buah telur puyuh yang sudah direbus dan dikupas kulitnya.

Pelapis:
1. 1 kuning telur.
2. Tepung panir secukupnya.

Pelengkap:
1. Pasta.
2. Wortel kukus.
3. Buncis baby kukus.

Cara membuat:
1. Campurkan semua bahan kecuali telur puyuh, aduk rata.
2. Ambil selembar alumunium foil, olesi dengan minyak sayur.
3. Letakkan adonan daging di atasnya, ratakan.
4. Letakkan telur puyuh secara berjajar, lalu gulung adonan.
5. Bungkus rapat dengan alumunium foil.
6. Kukus adonan selama 45 menit.
7. Angkat dan dinginkan, belah jadi dua.
8. Celupkan dalam kuning telur, balur dengan tepung panir.
9. Goreng hingga kecoklatan, iris dan sajikan.

Di dalam resep asli yang digunakan adalah fillet ikan dory yang dihaluskan, serta kecap ikan dan minyak wijen. Karena saya tidak punya ketiga bahan itu, maka saya gunakan daging giling dan saus tiram. Jika ingin mata ikannya lebih besar, kita bisa menggunakan telur ayam kampung seperti pada resep aslinya.

Sumber:
Aneka Olahan Ikan Favorit Anak. Booklet Kartini 2323.

Catatan: postingan ini merupakan reblog dari postingan di blog saya terdahulu.

Tinggalkan Balasan

