Reblog: Pempek Tenggiri

Pempek Tenggiri

Sejak mudik ke Bandar Lampung malah belum nyicipin pempek tenggiri, padahal di Manado sering punya keinginan makan pempek tenggiri puas-puas. Pempek tenggiri di Manado mahal sih hi hi. Dua hari lalu saya mampir ke Dept. Store yang menjual ikan tenggiri giling. Awalnya sempat mau nekat beli 1 kg tenggiri giling. Untungnya cepat-cepat tersadar, belum tentu kuat nguleni adonannya he he. Akhirnya saya beli kurang lebih 250 gr tenggiri giling untuk dibuat pempek ala saya. Menurut saya, setiap orang yang sering membuat pempek tuh punya takaran bahan tersendiri sesuai selera atau sesuai feelingnya he he. Ini dia resep pempek ala saya:

Bahan:
1. 250 gr tenggiri giling (sebelumnya saya simpan di bawah freezer)
2. 250 gr sagu tani
3. 2 butir telur
4. 10 siung bawang putih
5. 1 sdt garam

Cara membuat:
1. Haluskan bawang putih dan garam.
2. Campur bumbu halus dengan ikan tenggiri dan telur.
3. Tambahkan sagu tani, uleni sampai tercampur rata.
4. Adonan jangan diuleni terlalu lama agar pempeknya tidak keras.
5. Diamkan kira-kira 15 menit, didihkan air dalam panci.
6. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil, rebus dalam air mendidih hingga mengembang.
7. Angkat dan tiriskan.
8. Setelah dingin, pempek siap digoreng.

Bahan cuka:
1. 3 sdm ebi kering
2. 1/2 sdt garam
3. 500 ml air
4. 2 bongkah gula merah
5. Cabai rawit dan cabai merah sesuai selera
6. 6 siung bawang putih
7. 3 buah asam Jawa

Cara membuat:
1. Haluskan ebi kering, garam, cabai, dan bawang putih.
2. Rebus bumbu halus bersama gula merah.
3. Saat hampir mendidih, beri air asam Jawa.
4. Didihkan cuka, angkat dan saring.

Catatan: postingan ini adalah reblog dari blog saya terdahulu.

Tinggalkan Balasan

