Yangnyeom Tongdak: Ayam Goreng Pedas Manis ala Korea

Pedas, manis, enak hehe

Awalnya cuma iseng mau ngabisin stok lima potong fillet ayam di kulkas, setelah masakan jadi malah berasa mau belanja fillet ayam lagi he he. Enyak banget sih. Pada dasarnya saya memang suka ayam bumbu pedas manis, dan saya nggak kecewa sama resep ini. Yang membuat takjub adalah bagaimana kombinasi bahan-bahan ini bisa menghasilkan saus bumbu yang enak dan tanpa harus ngulek atau menggiling bumbu dulu he he.

Berhubung nama masakan ini mungkin belum familier, jadi cerita sedikit ya soal Yangnyeom Tongdak ini. Yangnyeom kurang lebih berarti dibumbui, Tongdak artinya ayam utuh. Masakan ini berasal dari Korea. Aslinya, ayam utuh berukuran kecil dipotong-potong, dibalur adonan tepung, digoreng, dan dicampur dengan bumbu pedas manis asam (source: Maangchi’s Fried Chicken, Yangnyeom Tongdak).

Resep masakan ini pertama kali saya temukan di blog Just Try and Taste. Di blog itu, saus yang digunakan adalah gochujang yang asli Korea. Yang saya gunakan adalah gochujang yang saya buat sendiri dan resepnya ada di postingan Tteokbokki dan Gochujang. Yang sudah nggak sabar mau tau resepnya (he he, kepedean), yuk disimak aja. Resepnya tidak sama persis dengan yang ada di JTT dan blog lain yang saya temukan ya. Semua sudah disesuaikan dengan bahan yang ada di dapur.

Bahan:

1. 100 gram fillet ayam (5 buah fillet ayam).
2. 1/2 sdt garam.
3. 1/2 sdt lada bubuk.
4. 2 sdm tepung beras.
5. 2 sdm tepung terigu (saya pakai Kunci Biru).
6. 1 sdm tepung tapioka.
7. 1 sdm tepung maizena.
8. Sejumput baking powder.
9. 1 butir telur.
10. Minyak untuk menggoreng.
11. 1 sdt wijen sangrai untuk taburan.

Bahan saus:

1. 1 sdm minyak sayur.
2. 4 siung bawang putih diparut.
3. 2 sdm pasta cabai Korea (gochujang, resepnya lihat di sini).
4. 1 sdm saus tomat botolan.
5. 1 sdm madu.
6. 1 sdm perasan air jeruk nipis.
7. 1 sdt gula pasir.

Cara membuat:

1. Campurkan garam, lada, semua jenis tepung, baking powder, dan telur, aduk rata.
2. Masukkan ayam yang sudah dicuci bersih ke dalam adonan sambil diremas-remas, diamkan minimal 15 menit supaya bumbu lebih meresap.
3. Panaskan minyak, goreng ayam dengan api sedang hingga setengah matang.
4. Angkat dan tiriskan, diamkan 15 menit.
5. Goreng ayam kembali agar didapat ayam goreng yang lebih kriuk dan kecoklatan.
6. Angkat dan sisihkan.
7. Tumis bawang putih hingga harum.
8. Masukkan gochujang, saus tomat, madu, perasan jeruk nipis, dan gula pasir, aduk-aduk hingga saus mengental.
9. Masukkan ayam goreng, aduk-aduk hingga ayam terlumuri saus dengan rata.
10. Angkat dan sajikan dengan taburan wijen sangrai.

Awalnya saya heran kenapa ayamnya harus digoreng dua kali, ternyata di resep lain yang saya temukan, begitu juga langkahnya. Memang saat dimakan, ayamnya masih terasa krispi, jadi tidak terlalu lunak atau basah karena sausnya. Di resep aslinya, Yangnyeom Tongdak ini memakai sirup beras dan cuka apel, seperti saran di blog JTT, saya menggantinya dengan madu dan perasan jeruk nipis. Untuk gochujangnya sendiri pernah saya bahas. Di supermarket tertentu di Indonesia, gochujang ini bisa didapatkan. Namun karena alasan saya tidak tahu merk gochujang apa yang tidak dibuat dengan anggur beras khas Korea, jadi saya pakai gochujang sederhana buatan sendiri. By the way, mudah kan membuat Yangnyeom Tongdak ini? Yang hobi ayam pedas manis seperti saya, cobain yuk!

4 thoughts on “Yangnyeom Tongdak: Ayam Goreng Pedas Manis ala Korea

Tinggalkan Balasan

