Ramyun Kuah Pedas

Ramyun Kuah Pedas

Pas nemu resep Korean Ramyun di blog Just Try and Taste, langsung tertarik pengen nyoba walaupun dengan bahan yang seadanya banget he he. Salah satu bahan yang saya tidak punya adalah gochujang/pasta cabai khas Korea. Dalam blognya, Mbak Endang Indirani memang menyebutkan kalau bahan ini optional karena pertimbangan di kemasannya tidak ada label halal. Yah kalau saya sih boro-boro mau nemu yang pakai label halal, di supermarket tetangga belum pernah lihat ada gochujang he he. Soal halal tidaknya gochujang ini saya belum cari info lagi. Tapi penasaran untuk cari tau lebih lanjut. But lucky me, jamur enokinya sedang diskon. Dari harga sekitar 13ribuan jadi 4 ribu saja sebungkus. Jadi pengen beli enoki lagi deh hi hi, kayaknya promonya cuma sampai hari ini. Kalau mau lihat resep dan cara membuat versi super komplitnya, silakan mampir aja di blognya Mbak Endang Indriani ya, tuh di atas ada linknya. Kalau yang ini, Ramyun Kuah Pedas versi simpel dengan cara membuat yang kilat he he.

Bahan-bahan:

1. 100 gram daging sapi, diiris.
2. 3 sdm irisan bawang bombay.
3. 2 siung bawang putih, diiris.
4. 2 cm jahe, diparut.
5. 1 sdt gula.
6. 1 sdt lada bubuk.
7. 1 sdm cabai bubuk.
8. 1 sdm saus sambal botolan.
9. 1 sdm minyak wijen.
10. 1 sdm kecap asin.
11. 1/2 sdt garam (atau sesuai selera).
12. 1/2 sdt kaldu bubuk.
13. 1 iris jeruk nipis.
14. 1/2 bungkus mie telur kemasan.
16. 1 bungkus jamur enoki.
17. 4 batang sawi.
18. 300 ml air.

Cara membuat:

1. Iris daging, rebus dalam 300 ml air bersama bawang bombay, bawang putih, dan jahe.
2. Tambahkan bumbu-bumbu: gula, garam, lada, kaldu bubuk, minyak wijen, kecap asin, sambal botolan, cabai bubuk.
3. Rebus daging hingga empuk kira-kira selama 20 menit.
4. Dalam panci lain, didihkan air, rebus mie telur, tiriskan.
5. Selanjutnya rebus jamur dan sawi selama kira-kira 5 menit saja.
6. Tata mie, jamur, sawi, dan irisan daging pada mangkuk.
7. Siram dengan kuah mie.
8. Beri perasan jeruk nipis.
9. Hidangkan.

Mini Ramyun

Walau bumbunya tidak komplit, tapi yummy juga ya. Ampuh buat mengatasi keinginan jajan bakso Malang yang mangkal di depan rumah he he. Kebayang kalau bumbunya komplit pasti maknyus buanget. Tapi karena buru-buru ada yang lupa saya tambahkan nih, yaitu irisan telur rebus dan irisan daun bawang. Karena buru-buru mau difoto sebelum baterai kamera habis, jadi nggak ingat sama sekali dengan telur dan daun bawangnya. Next time kalau mau coba lagi, dagingnya juga mau saya rendam dulu dalam bumbu-bumbunya semalaman, biar lebih maknyus. Soal jamurnya, pakai jamur jenis lain bisa kok. Tapi seneng aja lihat si enoki ini, bentuknya lucu hi hi hi. Eh eh, ternyata masih ada dua iris daging di kuahnya, akhirnya dengan sedikit bahan-bahan yang tersisa (kecuali sawinya, jadi pakai bayam rebus he he), saya buat mini ramyun.

Update:

Soal gochujang ini ada beberapa link yang saya temukan, tapi tetap perlu cari referensi lagi. Kalau ada yang tahu info merk gochujang yang halal dan bisa dibeli online, mau juga nih. Jadi bisa buat makanan Korea yang lain he he.

Status Halal Chilli Paste Korea
Halal Korean Cuisine Made Delicious Convenient
Gochujang Sauce
Makanan di Korea Halalkah?
Masakan Korea Tteokbokki

Kalau berdasarkan info dari link-link di atas, pada intinya bahan gochujang harus dicermati apakah menggunakan soju atau rice wine/anggur beras untuk proses fermentasinya. Paling aman tentu saja menggunakan gochujang yang ada label halalnya. Saat googling saya juga menemukan Resep Gochujang Sederhana yang sudah saya coba dan hasilnya ada di postingan tentang Tteokbokki ini.

Iklan

One thought on “Ramyun Kuah Pedas

  1. Ping-balik: Tteokbokki dan Gochujang | Clumsylicious Kitchen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s