Cireng Keju Crispy

Cireng crispy plus cocolan yang pedas nampol

Sudah beberapa hari ini pengen makan cireng, tapi baru kesampaian malam ini setelah sore tadi nyamber sebungkus tepung tapioka di Giant. Saya memang jarang sih stok tepung tapioka di rumah. Lebih sering stok sagu tani. Pertama kali bikin cireng dulu dengan sok kepedean pakai sagu tani, akhirnya malah mirip pempek dos gitu hi hi. Padahal tepung tapioka dan sagu tani ya beda. Lagipula yang namanya cireng ya pakai tepung aci alias tapioka. Cireng kan aci digoreng. Kalau sagu digoreng apa dong? Sareng? Ha ha ha…

Beberapa hari lalu ada teman yang upload foto cireng buatannya, langsung deh todong resepnya hi hi. Sebenarnya sih pernah juga screencap resep cireng dari grup masak, tapi resep hasil nodong ini lebih jelas he he. Makasi ya Mbak Vida Ang. Resep aslinya sendiri dari blog Rina Dapur Manis: Cireng Ala Abang Gorengan. Tapi malam ini saya membuatnya dengan modifikasi (apa sih yang nggak dimodif hi hi). Di resep aslinya pakai penyedap rasa seuprit. Ya nggak apa-apa sih kalau mau pakai. Kalau buat pempek dos juga saya pakai penyedap rasa, asal nggak berlebihan ajalah ya. Nah buat mengganti si penyedap rasa itu, saya pakai lada bubuk, gula pasir, plus keju. Hah? Keju? Iya karena keju mengandung glutamat alami (source: kultwit @MamaKokiHandal). Karena itu juga saya suka nambahin keju kalau bikin nugget, ya penyedap rasa alami juga. Okelah, pendahuluannya jangan diperpanjang lagi, simak aja resep Cireng Keju Crispy ini.

Bahan:

1. 150 gram tepung tapioka/kanji/aci.
2. 2 sdt bubuk bawang putih (atau 2 siung bawang putih yang dihaluskan).
3. 1/2 sdt garam.
4. 1 sdt lada bubuk.
5. 1/2 sdt gula pasir.
6. 50 gram keju cheddar, diparut (ngabisin stok).
7. 2 batang daun bawang, diiris.
8. Tepung tapioka ekstra/tambahan untuk membalur adonan agar tidak lengket/menempel.

Bahan biang:

1. 50 gram tepung tapioka/kanji/aci.
2. 150 ml air (suhu ruang ya, bukan air panas or air es).

Bahan saus cocolan:

1. 150 ml air.
2. 5 biji asam Jawa.
3. 50 gram gula merah.
4. 5 buah cabai merah.
5. 5 buah cabai rawit.
6. 1/2 sdt garam.
7. 1 sdm tepung maizena.

Cara membuat cireng:

1. Campur 150 gram tepung tapioka, bubuk bawang putih, garam, lada, keju, gula, dan irisan daun bawang. Aduk rata dan sisihkan.
2. Buat biang dengan cara mencampurkan air dan tepung tapioka, aduk hingga tepung larut. Rebus campuran biang sambil terus diaduk hingga terbentuk adonan yang kental, liat, dan bening seperti lem.
3. Tuang biang ke dalam campuran tapioka dan bahan lain, uleni pelan-pelan dengan ujung jari.
4. Saat adonan biang sudah terasa hangat, uleni dengan telapak tangan hingga tercampur rata dengan tapioka dan bahan lain.
5. Saat biang dan bahan lain sudah menyatu dengan rata artinya adonan siap dicetak.
6. Balur telapak tangan dengan tapioka, ambil 1 sdm adonan, pipihkan, lalu gulingkan ke tepung tapioka ekstra agar tidak menempel dengan adonan lainnya.
7. Panaskan minyak goreng, ambil satu buah adonan cireng, cubit-cubit pinggirnya, masukkan ke dalam minyak panas.
7. Goreng hingga cireng matang dan cripsy (gunakan api kecil saja).

Cara membuat saus cocolan:

1. Haluskan cabai merah dan cabai rawit.
2. Campur dengan air, asam Jawa, garam, dan gula merah.
3. Didihkan saus cocolan.
4. Tambahkan 1 sdm tepung maizena yang sudah dicairkan terlebih dulu.
5. Aduk-aduk hingga saus mendidih.
6. Sajikan sebagai cocolan cireng yang masih hangat.

Dari resep ini dihasilkan 13 buah Cireng Keju Cripsy. Rasanya emang cripspy booooo! Nggak kalah enak deh sama cireng bumbu rujak yang lagi booming. Saya juga sampai takjub (lebay), ya soalnya kan pas dulu pernah bikin cireng nggak cripsy begini. Sampai-sampai saya diledek sama Eyangtinya Rayyaan, ya udah jualan cireng gih hi hi. Wah, sempat bikin buat dimakan sendiri aja sudah bersyukur. By the way, kalau resep saus cocolannya saya nggak nemu di blog tadi. Mungkin ini resep aslinya Mbak Vida ya (lupa nanya he he). Aslinya cuma pakai 50 ml air, tapi terlalu pedas kalau untuk saya (baru nyadar pas sudah ngulek cabainya, buanyak banget ya cabainya he he). Akhirnya pakai 150 ml air deh. Memang jadinya terlalu banyak, tapi ya bisa disimpan untuk besok, atau untuk cocolan mangga (asyiiik). Oh iya, pas nguleni biang plus tapioka dan bahan-bahan lainnya, jangan sungkan-sungkan untuk keluar tenaga ekstra ya he he. Nggak sampai bikin encok kok, tapi ya namanya biangnya liat begitu, jadi mesti lebih kuat nguleninya supaya menyatu dengan bahan lainnya. Aaah, seneng deh akhirnya kesampaian bikin cireng yang crispy.

Iklan

16 thoughts on “Cireng Keju Crispy

  1. aku pernah bikin, tapi kok begitu digoreng, langsung meledak2..kayak ditembakin cireng gitu..mana cirengny amelayang2 pula..huhuu..

    • Di grup masak2 juga ada yang bilang gitu Mak, sayang aku ga ngikutin pencerahan soal cireng meledak ini. Pas aku goreng kemarin, cireng kloter pertama aman, kloter kedua memang sempat menggembung kayak balon tapi untungnya nggak sampai meletus. Sebelum cirengnya meletus pakai menggembung dulu nggak? Apa mungkin karena minyaknya kepanasan ya?

      • ga ada tanda2 mau meledak atau apa gitu. tau2 aja bunyi dan si cireng terbang : )))
        abs itu nyerah deh bikinnya.. mending beli aja..hahaha

      • ini persis spt waktu aku bikin wedaran itu.. klo wedaran kan jelas ya mba, dimasukin ke minyak dingin dulu, baru diangkat ke atas api wajannya. krn klo lgsg minyak panas mleduk.. nah cireng ini kan, petunjuk di bbrp blog, langsung goreng aja.. ternyata meledak. padahal kalo aku beli, trus goreng sendiri ga mleduk2 πŸ˜€

      • tips dr mama tercinta bund, pas goreng minyaknya jgn terlalu panas.. pke api kecil tp konsisten panas e.. soal e klo kepanasan bs kya meteor.. loncat ksana ksini hehehe

        Klo bikin cireng harus pakai air mendidih ibu2 jgn pakai air biasa/dingin,klo pakai air panas(mendidih) insyallah gk akan perang di dapur hehhe gk akan meledak2,yg sering meledak2 itu biasanya pakai air biasa. Semoga bisa membantu ya yg masih takut dan trauma buat cireng, di simpan d frezeer juga gpp biasanya lebih crispy.

        trs goreng atur api yg pas sambil di aduk2 biar ga ngamuk nembak dar der dor kemana manaΒ 

  2. wiiihh…gampang ya ternyata *gampang diomongin maksudnya.
    Saya gak pernah masak mak Heni, moga2 suatu saat sy insyaf dan bertekad membuat cireng keju ini hihih….lebay. Thks utk resep dan tipsnya

  3. Lapor Mak Heni, tadi begitu selesai baca postingan ini, langsung lari ke dapur buat bikin cireng keju…. Emang enak banget! Anak2 juga suka πŸ˜‰ Makasih resepnya ya πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s