Cronut Panggang

Hari ini saya coba-coba bikin cronut pakai kulit pastry ala blog Jajane Vivi. Itu lho, yang bukan pakai korsvet melainkan pakai adonan A dan B. Member NCC apalagi yang pernah bikin bolen pasti tau deh resep ini. Sebenarnya saya pernah mencatat resep cronut dari salah satu tabloid. Sayangnya resep itu hilang. Di tabloid itu semua resep adonan cronutnya memakai ragi. Pas saya googling resep cronut, saya menemukan yang tanpa ragi di situs dapurmasak, hanya menggunakan kulit pastry biasa lalu digoreng. Kulit pastry yang digunakan kulit pastry kemasan yang dibeli di supermarket, namun saya iseng-iseng mau mencoba menggunakan kulit pastry yang dibuat sendiri namun tanpa ragi. Resep yang digunakan ya resep kulit pastry dengan dua adonan tadi, dengan sedikit modifikasi. Di resep aslinya, Mbak Vivi menggunakan margarin. Saya juga pernah menggunakan resep ini untuk membuat bolen pisang keju. Hasilnya oke banget. Kapan-kapan bolen pisang keju itu akan saya repost juga di blog ini.

Nah kali ini saya menggunakan mentega karena masih ada stok di rumah. Sebelumnya saya juga pernah membuat bolen dengan mentega. Frankly speaking, lebih suka resep yang pakai margarin karena aromanya lebih familier he he. Selain itu pastry yang pakai margarin ternyata malah lebih garing dan flaky dibanding yang pakai mentega. Yang pakai mentega bukannya tidak matang, tapi masih lebih oily gitu. Aslinya cronut ini digoreng ya. Tapi karena mendadak ada hal lain yang harus dikerjakan, terpaksa kembali ke oven deh dan jadilah Cronut Panggang. Tadi nggak kepikiran untuk menyimpan adonannya (yang sudah dicetak) di dalam kulkas. Tak apa deh, yang penting sudah ada cemilan untuk si kecil. Lain kali coba lagi buat cronut yang digoreng. Walau sepintas kelihatannya seperti kue kering yang disusun he he, tapi saat dibelah ada lapisan-lapisannya yaaay! Rasanya juga yummy. Kalaupun tidak sempat membuat topping untuk cronutnya ya tidak apa-apalah he he. Oh iya, untuk yang hobi membuat bolen tapi suka capek melipat adonannya satu-satu, cara melipat adonan yang saya gunakan juga bisa diterapkan. Jadi adonan tinggal dipotong atau dicetak sesuai kebutuhan, tidak perlu dilipat satu per satu dulu. Dari resep ini dihasilkan 12 buah Cronut Panggang. Sebenarnya si bisa lebih, hanya sisa adonannya tadi ada yang saya gulung-gulung ala croissant mini he he.

Bahan adonan A:

1. 100 gram tepung protein tinggi.
2. 1 sdm minyak goreng.
3. 100 gram mentega.

Bahan adonan B:

1.200 gram tepung protein tinggi.
2. 100 gram mentega.
3. 80 ml air es.
4. 3 sdm gula bubuk.

Cara membuat kulit pastry:

1. Campur semua bahan adonan A hingga menyatu, bentuk bulatan-bulatan kecil.
2. Campur semua bahan adonan B hingga menyatu, uleni hingga setengah elastis, bulatkan.
3. Pipihkan adonan B dengan rollin pin.
4. Susun bulatan-bulatan adonan A di atas adonan B.
5. Lipat adonan B hingga menyerupai amplop, pipihkan.
6. Gulung adonan, putar 90 derajat, pipihkan lagi.
7. Ulangi langkah 6 sampai beberapa kali.
8. Istirahatkan adonan selama 30 menit.
9. Adonan yang sudah dipipihkan kemudian dicetak dengan cetakan donat agar ukurannya seragam.
10. Sisa adonan dibulatkan lagi, dipipihkan kemudian dicetak lagi hingga habis.
11. Ambil tiga lembar adonan yang sudah dicetak, rekatkan dengan putih telur.
12. Oles loyang dengan mentega/margarin dan taburi terigu.
13. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat Celcius.
14. Panggang cronut selama 35 menit.
15. Keluarkan loyang, oles cronut dengan kuning telur.
16. Panggang lagi selama 10 menit.
17. Jadi deh cronut panggangnya.

Kalau cronut goreng yang saya lihat gambarnya di tabloid dan di beberapa blog, hasilnya memang lebih mengembang dibanding yang dipanggang. Kalau yang di tabloid mungkin juga faktor ragi di adonannya. Sebenarnya saya penasaran banget apa jadinya adonan ini kalau digoreng. Tapi yang penting tetep enak deh he he. Next time kalau nggak males nguleninya, saya mau coba buat cronut goreng yang pakai ragi. Semoga aja si catatan resep itu nongol. Kalau ada yang mau coba resep ini (pakai kulit pastry ala blog Jajane Vivi) tapi digoreng, cerita ya bagaimana hasilnya he he.

3 thoughts on “Cronut Panggang

  1. aaaaaaaaahhhhh nggiileerrr….malesnya aku belom ilang2 niih mak, mau baking huhuhu..sementara bookmark2 sambil nunggu wangsit. tapiii aku gak nolak kalo dikasih :p hihihih

Tinggalkan Balasan

