Siomay Sarang Puyuh

Lauk makan siang Rayyaan hari ini

Akhirnya setelah beberapa hari nafsu makannya turun, sejak kemarin nafsu makannya Rayyaan mulai membaik. Anak yang sedang ogah-ogahan makan memang membuat ibu berusaha ekstra mengeluarkan berbagai jurus supaya anaknya mau makan he he. Dan ini dia salah satu jurus yang saya keluarkan: Siomay Sarang Puyuh. Pada dasarnya Rayyaan suka telur puyuh dan kebetulan tetangga sedang jual ikan tenggiri potong, langsung beli deh sepotong plus beli satu pak telur puyuh juga untuk lauk makannya si bujang, untuk cemilan juga bisa. Ini dia Siomay Sarang Puyuh ala Mama Rayyaan:

Bahan:

1. 150 gram ikan tenggiri yang sudah dihaluskan.
2. 3 buah tahu kuning ukuran kecil.
3. 5 sdm sagu tani.
4. 1 butir telur.
5. 12 buah telur puyuh, rebus dan kupas kulitnya.
6. 25 gram wortel parut.
7. Sejumput garam, lada, gula dan bawang putih bubuk.

Cara membuat:

1. Haluskan tahu dengan garpu.
2. Campur dengan ikan tenggiri, sagu tani, telur, wortel dan bumbu-bumbu.
3. Uleni hingga semua bahan tercampur rata.
4. Oles mangkuk cetakan dengan minyak sayur.
5. Masukkan adonan kira-kira hingga 3/4 mangkuk terisi.
6. Masukkan telur puyuh tepat di tengahnya dan tekan sedikit.
7. Panaskan panci kukusan.
8. Kukus adonan selama kurang lebih 15 menit.
9. Angkat dan keluarkan siomaynya.

Dari resep ini dihasilkan 12 buah Siomay Sarang Puyuh. Kalau anak suka, siomay ini bisa disajikan dengan bumbu kacang. Berhubung Rayyaan belum suka bumbu-bumbu kacang seperti bumbu siomay atau sate, jadi ya dijadikan lauk saja deh. Rayyaan suka! Rayyaan suka! Oh iya, daging ikan tenggiri itu saya dapat dengan memblender daging tenggiri potong. Setelah dibuang tulang dan kulitnya, lalu dihaluskan dengan blender bersama sedikit air es, didapatkan kurang lebih 150 gram daging tenggiri halus. Memblendernya bukan pakai gelas blender besar untuk jus, tapi dengan wadah yang biasa digunakan untuk menghaluskan bumbu. Kenapa saya pakai tahu kuning? Tidak ada alasan khusus ya, karena tukang sayur bawanya tahu kuning he he. Kalau ikan tenggirinya sendiri saya beli di supermarket dekat rumah. Hanya disana tidak menjual ikan giling, ya jadi saya haluskan sendiri.

As usual, kalau bikin-bikin olahan daging begini saya senang menyelipkan sayuran di dalamnya. Biasanya yang saya selipkan adalah wortel. Kenapa nggak daun-daunan? Karena biasanya yang daun-daunan dibuat sayur bening saja. Kalau nggak sedang GTM, Rayyaan suka makan daun bayam, katuk, ataupun kangkung yang direbus atau disayur bening (kecuali kangkung, agak aneh kalau dibuat sayur bening he he). Untuk bumbu-bumbunya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing ya. Saat akan disajikan, siomay ini bisa dihangatkan sebentar di dalam magic com. Kalau ingin membuat stok yang agak banyak, sebagian juga bisa disimpan di bawah freezer atau di freezer sesuai kebutuhan. Mau digoreng juga oke. Lebih mantab lagi kalau dicelupkan ke telur kocok dulu baru digoreng. Supaya praktis, bumbu kacangnya beli jadi juga bisa. Beli saja bumbu gado-gado yang banyak di pasaran he he. Yang anaknya sedang ogah-ogahan makan, cobain yuk.

Iklan

4 thoughts on “Siomay Sarang Puyuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s