Mochi Isi Kacang Merah

Mochi pertama buatan Mama Rayyaan.

Beberapa hari lalu saya iseng-iseng membeli kue mochi di supermarket di kota saya. Wah ternyata lumayan mahal juga ya. Satu buah kue mochi yang bisa sekali dua kali hap langsung habis itu dihargai Rp 5.000. Rasanya memang enak walau isinya agak terlalu manis untuk saya. Selain itu bentuknya juga tidak bulat namun seperti dicetak, atau mungkin setelah diisi dan dibentuk bulatan, kuenya dicetak supaya bentuknya lebih menarik. Isinya juga bermacam-macam. Saya membeli mochi berwarna hijau yang berisi kacang hijau dan mochi warna pink yang berisi kacang merah. Isinya juga wangi sekali, sepertinya ditambahkan ntah essence apa. Mungkin ada ya essence kacang hijau dan kacang merah. Saya pikir mungkin karena dari segi bentuk dan rasanya dan cara pembuatannya, makanya si kue mochi itu lumayan mahal. Sebelumnya sih saya kalau makan mochi hanya dari oleh-oleh teman he he, atau ada juga yang kemasan seharga Rp 16.000 isi 5 buah (mochi ini ntah diimpor dari negara mana saya lupa). Pernah juga dibelikan mochi dari sebuah toko roti, karena sedang promo harganya hanya Rp 11.000 isi 4 buah. Tapi setiap saya pergi ke toko itu, mochinya tidak pernah nampak lagi he he.

Akhirnya saya iseng-iseng googling cara membuat mochi. Kalau teringat film kartun Jepang yang kadang menyebut soal mochi, apa iya ya adonannya harus ditumbuk-tumbuk oleh kelinci di bulan? Hi hi hi… Yah awalnya saya kira membuat mochi itu ribet sampai harus ditumbuk-tumbuk segala adonannya. Akhirnya resep mochi itu saya temukan di blog Just Try and Taste: Membuat Mochi.Di blog JTT ini, mochi yang dibuat adalah mochi tanpa warna dengan isi kacang hijau. Saya memodifikasi resepnya hingga mochinya berwarna ungu muda dan berisi kacang merah. Berdasarkan Mbak Endang Indriani sang pemilik blog, resep ini sendiri diadaptasi dari buku Kitab Masakan, Kumpulan Resep Sepanjang Masa.

Bahan isi:
1. 75 gram kacang merah, rendam 12 jam.
2. 4 sdm gula pasir.
3. 65 ml santan kental.
4. 1/2 sdt garam.

Bahan mochi:
1. 200 gram tepung beras ketan.
2. 250 ml air.
3. 1/4 sdt garam.
4. 65 ml santan kental.
5. 7 sdm gula pasir.
6. Tepung sagu sangrai secukupnya.
7. Pewarna makanan merah rose dan biru.

Cara membuat isi:
1. Kukus kacang merah (yang sudah direndam 12 jam) selama 10 menit.
2. Blender kacang merah bersama santan, garam, dan gula.
3. Masak dengan wajan anti lengket sampai santan mengering.
4. Sisihkan.

Adonan sebelum dikukus.

Cara membuat adonan mochi:
1. Campur tepung ketan dengan 125 ml air, aduk rata.
2. Masukkan 125 ml air lagi, aduk hingga rata.
3. Siapkan kain bersih, letakkan di atas sebuah mangkuk atau baskom kecil.
4. Tuang campuran tepung beras ketan dan air, peras airnya hingga habis, tampung air perasannya.
5. Sisihkan tepung beras ketan yang sudah diperas dalam sebuah mangkuk.
6. Campurkan air hasil perasan tepung dengan gula, santan, pewarna makanan dan garam, tuang sedikit demi sedikit ke dalam tepung beras (di resep aslinya, campuran air ini didihkan dulu baru dituang lagi ke tepung).
7. Aduk rata campuran air dan tepung, tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak goreng.
8. Kukus campuran tadi selama 20 menit hingga dihasilkan adonan yang kenyal dan liat.
9. Biarkan uapnya hilang.

Adonan siap dibentuk.

Cara membentuk mochi:
1. Olesi kedua tangan dengan minyak goreng.
2. Ambil 1 sdm adonan, pipihkan.
3. Beri isian kacang merah, tekan isinya agar menempel pada adonan mochi,
4. Kemudian tutup dengan cara menjepitkan ujung jari kita agar isi terbungkus rapat.
5. Gelindingkan bola pada telapak tangan agar bentuk bulatannya lebih rapi (well mochi saya nggak terlalu bulat rapi hi hi).
6. Balur mochi dengan sagu sangrai dengan cara digelindingkan.
7. Jadi deh mochinya.

Mochi Isi Kacang Merah.

Dari resep ini dihasilkan 18 buah Mochi Isi Kacang Merah. Isian yang saya buat memang kurang halus ya, karena saya memblendernya dengan blender bumbu. Mau diblender dengan gelas untuk blender buah, tapi kacang merahnya terlalu sedikit. Saya sendiri memang hanya membuat 1/2 resep saja. Cukuplah untuk cemilan hari ini. Kalau kata Eyang, mochi ini kok mirip kue bugis, cuma beda isi hi hi. Mungkin sepintas cara membuatnya terlihat ribet ya, tapi daripada membayar 18 x Rp 5.000, saya lebih baik membuat mochi sendiri deh he he.

18 thoughts on “Mochi Isi Kacang Merah

  1. Pake sagu ya mbak? Kayanya enak tuh. Biasanya aku pake tepung maizena yang disangrai. Kapan-kapan cobain ah versi yang ini ^^ TFS ya mba ๐Ÿ™‚

  2. Oh gitu, dikukus dulu ketannya
    Selama ini tak kira kita bentuk sebelum dimasak, baru dikukus.
    Kemaren ke jogja beli mochi, emang mahal beung ๐Ÿ˜€
    Kepikiran mau bikin deh. Ternyata mama rayyan dah buat duluan ๐Ÿ˜€
    Ntar dicoba ah resepnya hehehe.
    Btw mba endang niat abis beli kitab masakan, tu buku kan mahal beung ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

