Lambang Sari

Lambang Sari atau Naga Sari

Satu lagi jajanan khas Indonesia kesukaan Eyangti. Kalau diminta memilih roti-rotian atau jajanan yang ini pasti milih jajanan ini kemana-mana deeeeh he he. Di keluarga saya, makanan ini biasa disebut dengan Lambang Sari. Ada juga yang menyebut makanan ini dengan Naga Sari. Makanan ini biasanya nggak pernah absen kalau ada acara keluarga, misalnya saat pengajian. Waktu kecil dulu, saya hobi ngambilin adonannya saat ibu-ibu sedang membungkus adonan dan pisangnya hi hi. Biasanya saya suka agak-agak gimana gitu kalau membuat makanan yang berbungkus daun pisang, takut nggak bisa rapi membungkusnya. Tapi membungkus Lambang Sari ini nggak serumit membungkus lemper he he.

Bahan:
1. 100 gram tepung beras.
2. 75 gram gula pasir.
3. 400 ml santan.
4. 1/2 sdt garam.
5. 3 lembar daun pandan.
6. 50 gram hunkwee.
7. 1 sdt tepung tapioka.
8. 100 ml air.
9. 3 buah pisang jantan, potong menyerong.
10. Daun pisang untuk membungkus.

Cara membuat:
1. Campur tepung beras, gula pasir, santan, garam, daun pandan, tepung hunkwee, air dan tepung tapioka.
2. Aduk rata campuran tadi, masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga kental.
3. Angkat adonan, biarkan uap hilang.
4. Ambil selembar daun pisang, alasi bagian dalamnya dengan daun pisang yang lebih kecil.
5. Taruh 1 sdm adonan, beri 1 iris pisang, tutup dengan 1 sdm adonan lagi.
6. Lipat daun pisangnya.
7. Setelah semua adonan habis dibungkus, panaskan panci kukusan.
8. Kukus adonan selama kurang lebih 20 menit hingga matang.
9. Angkat, tunggu hingga tidak terlalu panas lagi, lap daun dengan kain lap bersih, balik lipatan daunnya.
10. Lambang Sari siap disajikan.

Bagian dalam kuenya.

Dari resep ini dihasilkan 18 buah Lambang Sari. Takaran resepnya diambil dari buku Aneka Makanan Selingan oleh Titien W Dharmaputra, namun dalam pembuatannya ada sedikit modifikasi. Pisang yang digunakan di resep asli adalah pisang tanduk, dan di resep aslinya tepung hunkwee dan tapioka ditambahkan setelah adonan di angkat. Ibu saya biasanya membuat Lambang Sari dengan cara mencampurkan semua bahannya sekaligus kecuali pisang. Alhamdulillah, kue yang ini ludes juga he he.

Iklan

One thought on “Lambang Sari

  1. Lidah jawa melafalkannya nogosari. apapun namanya ini makanan emang endang bambang… enak bauangett! Apalagi kalau pisangnya bener-bener mateng ya Mak.. wihh…:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s