Nugget Ayam Wortel

Nugget Ayam Wortel. No MSG, no pengawet.

Aah yang namanya nugget memang praktis deh. Dan akhirnya sayapun ketagihan membuat stok nugget lagi. Resepnya nyaris sama dengan resep Nugget Ayam Keju. Bedanya kali ini ditambah wortel parut dan saya membuat nuggetnya lebih banyak hi hi. Alhamdulillah Rayyaan sukaaaaa. Ibu mana yang nggak bahagia melihat anaknya lahap makan, iya kaaaan? He he…

Bahan:
1. 400 gr ayam giling.
2. 80 ml susu UHT plain.
3. 2 butir telur ayam.
4. 1/4 bagian keju cheddar.
5. 6 siung bawang merah.
6. 6 siung bawang putih.
7. 2 sdt lada.
8. 1 sdt gula pasir.
9. 1 sdt garam.
10. 6 sdm oatmeal.
11. 100 gram wortel.
12. 1 butir telur untuk celupan.
13. Tepung roti/bread crumb.
14. Minyak untuk menggoreng.

Stok nugget Mama Rayyaan.

Cara membuat:

1. Haluskan bawang putih, bawang merah, garam, lada, dan gula pasir.
2. Campurkan bumbu halus dengan ayam giling, oatmeal, 2 butir telur, wortel parut, keju cheddar parut, dan susu.
3. Aduk adonan hingga semua bahan tercampur rata.
4. Oles loyang dengan minyak goreng, tuang adonan dan ratakan.
5. Panaskan kukusan, lapisi tutupnya dengan serbet bersih.
6. Kukus adonan selama 35 menit.
7. Setelah matang, keluarkan nugget dari loyang dan dinginkan.
8. Potong nugget sesuai selera.
9. Celupkan pada telur, lalu balurkan dengan tepung roti.
10. Jika mau, nugget bisa dicelup telur dan dibalur tepung sebanyak dua kali (namun butuh lebih dari 1 telur).
11. Goreng dengan minyak hingga kuning kecoklatan.
12. Nugget yang belum digoreng bisa disimpan dalam freezer ataupun bagian bawah freezer sesuai kebutuhan.

Menu makan siang hari Rabu kemarin.

Dari resep ini dihasilkan sekitar 25 potong nugget ayam dengan bentuk dan ukuran seperti pada gambar. Nugget ini saya simpan dalam dua wadah plastik yang tutupnya rapat. Satu wadah saya simpan di bawah freezer untuk digoreng pada hari itu dan keesokan harinya. Sementara yang satu wadah lagi saya simpan di bawah freezer untuk stok hari-hari berikutnya.  Suddenly punya ide untuk bikin stok berikutnya he he. Oh iya, resep hasil modifikasi resep nugget ayam di buku Cute Bento Praktis agar Anak Lahap Makan by Julia Wingantini.

Iklan

12 thoughts on “Nugget Ayam Wortel

    • Klo buatku si kurang berasa kayak nugget hehe karena nugget kan ada baluran tepung roti/bread crumbnya. Pakai tepung panir juga bisa. Biasanya di minimarket ada bread crumb 100 gram yg 8500an Mb. Merk MamaSuka. Klo yg impor mah mihil hehehe

    • Bread crumbnya cuma buat balurin sebelum digoreng Mak. Klo resep aslinya, roti tawar 2-3 buah dihaluskan pake blender trus dicampur ke adonan. Klo aku ga punya roti tawar, jadi pake oatmeal hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s