Cah Salmon dan Sayuran

Cah salmon dan sayuran.

Postingan kali ini temanya masih seputar menu untuk anak namun berbahan ikan dan sayuran. Dari judulnya sudah ketauan ya kira-kira cara memasaknya bagaimana. Ya tinggal oseng-oseng aja. Resep aslinya saya dapat dari booklet Kartini 2323: Aneka Olahan Ikan Favorit Anak. Di resep aslinya, ikan yang digunakan adalah ikan kakap dan sayuran yang digunakan yaitu wortel dan pokchoy. Karena di supermarket terdekat adanya fillet salmon, ya saya pakai salmon deh.

Bahan:

1. 100 gram wortel.
2. 10 batang buncis baby, potong jadi 3 bagian.
3. 100 gram fillet salmon, potong dadu.
4. 1 sdm minyak sayur untuk menumis.
5. 3 siung bawang merah.
6. 3 siung bawang putih, geprek dan cincang.
7. 1/3 sdt lada.
8. 1/2 sdt garam.
9. 1/2 sdt gula pasir.
10. 1 sdt kecap manis.
11. 1/2 sdt kecap ikan atau saus tiram.
12. 75 ml air.
13. Bawang goreng untuk taburan.

Cara membuat:

1. Potong wortel dengan cookies cutter atau bentuk bunga dengan pisau, iris tipis.
2. Kukus atau rebus wortel dan buncis hingga setengah matang, sisihkan.
3. Haluskan bawang merah, lada, garam, dan gula.
4. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan bumbu halus, tumis lagi.
5. Masukkkan ikan salmon, masak hingga ikan berubah warna.
6. Masukkan wortel, buncis, dan air, masak hingga semua bahan matang.
7. Angkat, taburi bawang goreng.

Awalnya saya sempat khawatir Rayyaan akan GTM saat disuguhi ikan salmon. Memang sudah lama saya tidak memberinya menu ikan salmon. Kenapa? Well sebenarnya ikan yang bergizi itu nggak hanya salmon kok. Ikan bandeng bahkan kandungan omega 3 nya lebih tinggi dibanding ikan salmon. Selain ikan bandeng juga ada ikan kembung yang kandungan omega 3 nya juga lebih tinggi dibanding salmon. Yah kalau ada yang lebih terjangkau dan lebih mudah didapat kenapa nggak kasi ikan kembung dan bandeng aja untuk anak hi hi. Cuma kali ini emang mau sekali-sekali nyobain ikan salmon yang dijual supermarket tetangga he he plus alternatif menu untuk Rayyaan.

Sumber:
Ikan Kembung Miliki Lemak Omega 3 Lebih Tinggi Dari Salmon.
Memilih Bandeng Bergizi Untuk Keluarga.

Iklan

4 thoughts on “Cah Salmon dan Sayuran

    • saya sendiri jarang masakin salmon Mak, ini karena lagi pengen aja sekali-sekali, soalnya ternyata ikan lokal juga ada yang kandungan omega 3 nya lebih dari salmon he he, misalnya ikan kembung. dari artikel yang kubaca, karena ukuran ikan kembung juga relatif kecil (jauh lebih kecil diband ikan salmon), jadi lebih kecil kemungkinan ada kandungan merkuri, justru ikan-ikan yang ukurannya gede yang lebih rawan ada ‘endapan’ merkuri, kurang lebih gitu infonya

      • Iya betul mak, semakan besar ikannya semakin besar kemungkinan kandungan merkurinya karena dia kan makan ikan kecil-kecil jadi menerapkan prinsip rantai makanan, nih.. 🙂 Aiiih oke cari ikan kembung atau bandeng aja ya mak… di sini emang susah stok ikan laut atau tawar seperti itu, kadang aku pakai teri medan. ikan kembung dan bandeng itu ikan air tawar atau payau ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s