Kue Apem Kesukaan Eyangti

Kue Apem Kesukaan Eyangti.

Dua hari lalu Eyangti mendadak minta kue apem. Kalau Eyangnya lebih suka kue yang begini, jajanan khas Indonesia. Soal kue ini, meskipun sebenarnya mudah membuatnya, tapi saya pernah berhasil, gagal juga pernah. Yah nggak gagal-gagal banget sih. Cuma ternyata adonannya terlalu encer, jadi kuenya terlalu lunak he he.

Bahan-bahan:

1. 300 gram tepung beras.
2. 200 ml santan kental (saat membuat kuenya nanti tidak dicampur sekaligus).
3. 50 ml air hangat.
4. 1/2 bungkus ragi instan.
5. 1/3 sdt garam halus.
6. 75 gram gula pasir (bisa ditambah sesuai selera).
7. 3 sdm tepung tapioka.
8. Pewarna makanan secukupnya.
9. Minyak sayur secukupnya.

Cara membuat:

1. Campur tepung beras, ragi instan, gula dan tepung tapioka dengan 100 ml santan dan 50 ml air hangat, aduk rata.
2. Tutupi adonan dengan plastik, diamkan selama 1 jam.
3. Setelah 1 jam, tambahkan 100 ml santan kental dan garam, aduk rata.
4. Bagi adonan ke dalam 4 wadah, beri 1 tetes pewarna makanan.
5. Oles cetakan dengan minyak sayur, panaskan panci kukusan.
6. Panaskan cetakan plastik (kosong) selama kurang lebih 2 menit.
7. Angkat cetakan, tuang adonan ke cetakan kira-kira 3/4 penuh.
8. Kukus selama 15 menit.
9. Angkat kue apem dan sajikan.

Kue apem yang saya buat sengaja ada yang tidak diberi warna karena itu khusus untuk Rayyaan. Biasanya kue apem dimakan bersama kelapa parut. Tapi kali ini kelapa parutnya tidak ada he he. Walaupun begitu, setiap membuat kue ini biasanya alhamdulillah sukses ludes.

Iklan

10 thoughts on “Kue Apem Kesukaan Eyangti

    • sama-sama Mak 🙂 praktis juga buat pengajian, kalau buat banyak bisa bikin kue apem rainbow he he, pakai pewarna dikit aja udah terlihat tambah menarik, nggak perlu setua warna apem di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s