Nugget Ayam Keju

Nugget Ayam Keju

Puasa sebentaaaaar lagi! Eh, masih dua bulan lagi kok ya hi hi. Salah satu yang dipikirkan emak-emak saat bulan puasa adalah menu sahur. Makanan apa yang menyiapkannya tidak membutuhkan waktu lama tapi tetap bergizi dan sehat untuk keluarga. Siapa yang pernah menggoreng nugget ayam kemasan untuk menu sahur? Saya pernah he he. Namun in syaa Allah puasa tahun ini saya ingin mengurangi membeli makanan kemasan meski demi alasan kepraktisan. Jadi dua hari lalu saya mencoba membuatnuggetayam.Β Resep dasar yang saya gunakan adalah resep nugget ayam di buku Cute Bento Praktis by Mbak Julia Wingantini. Setelah saya modifikasi, tambahkan beberapa bahan, jadilah Nugget Ayam Keju.

Bahan:

1. 300 gr daging ayam giling.
2. 50 ml susu UHT plain.
3. 4 sdm oatmeal.
4. 1 butir telur ayam.
5. Keju cheddar (kira-kira 1/8 bagian).
6. 4 siung bawang merah.
7. 4 siung bawang putih.
8. 1/2 sdt garam.
9. 1 sdt lada.
10. 1/2 sdt gula pasir.
11. 1/3 ikat daun bayam, cuci dan iris.
12. 1 butir telur untuk celupan.
13. Tepung panir secukupnya.
14. Minyak untuk menggoreng.

Cara membuat:

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, garam, lada, dan gula pasir.
2. Campurkan bumbu halus dengan ayam giling, oatmeal, 1 butir telur, daun bayam, keju cheddar, dan susu.
3. Aduk adonan hingga semua bahan tercampur rata.
4. Oles loyang dengan minyak goreng, tuang adonan.
5. Panaskan kukusan, lapisi tutupnya dengan serbet bersih.
6. Kukus adonan selama 30 menit.
7. Setelah matang, angkat dari kukusan dan keluarkan nugget dari loyang.
8. Dinginkan dan potong sesuai selera.
9. Celupkan potongan nugget pada telur yang sudah dikocok, balur dengan tepung panir.
10. Goreng dengan minyak sayur dan api kecil hingga kuning kecoklatan.
11. Jika tidak ingin langsung digoreng semua, nugget bisa disimpan dalam wadah plastik dan disimpan dalam freezer.

Nugget Ayam Keju

Selain jadi lauk makan, Nugget Ayam Keju ini juga enak buat cemilan. Untuk bulan puasa nanti, kita bisa membuat stok Nugget Ayam Keju, disimpan di dalam freezer. Sebelum digunakan untuk lauk sahur, malamnya kita ambil beberapa buah nugget, pindahkan ke kulkas bagian bawah lalu sebelum sahur tinggal digoreng deh. Makannya pun lebih tenang karena tanpa pengawet dan penyedap rasa. Hmm… Belajar bikin frozen food apalagi ya? He he…

Iklan

9 thoughts on “Nugget Ayam Keju

    • Iya Mak. Untuk konsumsi sendiri (saya & suami) kadang2 beli nugget, tapi kalau untuk anak nggak berani. Habis makan biasanya ada rasa aneh di tenggorokan. Moga2 makin bisa mengurangi makanan kemasan yang berMSG. Makasi udah mampir Mak πŸ™‚

  1. Ping-balik: Nugget Ayam Wortel | Clumsylicious Kitchen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s